Tuesday, May 17, 2016

Macam - Macam Inputan

Macam - Macam Inputan


1.            Keyboard


               Keyboard merupakan salah satu perangkat keras komputer dengan berbagai macam tombol yang masing – masing fungsinya berbeda. Setiap tombol akan mengeluarkan output yang berbeda tergantung dengan apa yang kita tekan.
           Pencipta keyboard sendiri dimulai dengan pencipta mesin ketik. Rancangan mesin ketik didesain serta di buat oleh Christopher Latham di tahun 1868. Kemudian, perusahaan yang bernama Remington mulai banyak memasarkan produk tersebut pada tahun 1877. Setelah mesin ketik menyebar luas, dimulailah penciptaan keyboard komputer pertama kali. Papan ketik pertama kali tersebut mempunyai desain penyesuaian kartu lubang kemudian di hubungkan melalui teknologi peniriman tulisan jarak jauh.
                Keyboard pada dasarnya tidak slalu mengeluarkan output berupa angkat, huruf, dan simbol. Beberapa tombol memang didesain untuk berfungsi sebagai suatu perintah. Sebagai contoj, ada tombol escape yang berfungsi untuk keluar dari aplikasi atau program yang sedang anda jalankan.


2.            Mouse

                Mouse adalah perangkat keras yang dihubungkan dengan komputer yang fungsinya sebagai penggerak kusor yang memberikan sebuah perintah masukan atau input pada sistem windows. Perangkat ini di namakan mouse karena memang bentuk dan desainnya menyerupai sebuah tikus. Sebagai bahan referensi, kompunter yang pertama kali dijual dengan satu paket mouse ialah komputer Xerox Star yang diluncurkan pada tahun 1981.

               Meski pada saat sekarang ini perangkat keras (hardware) mouse sudah banyak digantikan dengan touchpad dan touchscreen, namun mouse tetap diminati oleh para pengguna sebagai kusor karena dengan mouse mudah digunakan.

3.            Webcam

               Webcam (singkatan dari web dan camera) adalah sebutan bagi kamera waktu-nyata yang gambarnya bisa dilihat melalui Waring Wera Wanua, program pengolah pesan cepat, atau aplikasi pemanggil aplikasi pemanggil video. Istilah kamera web cam merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata web cam kadang – kadang diganti dengan kata lain yang memberikan pemandangan yang ditampilkan di kamera. Kamera web adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui colokan USB atau pin colokan COM.  

               Fungsi daari web cam telah kita ketahui yaitu untuk memudahkan kita dalam mengolah pesan cepat seperti chat melalui video atau betatap muka melalui video secara angsung. Web cam juga berfungsi sebagai alat untuk mentransfer sebuah media secara langsung, namun perlu di sadari kebanyakan pengguana menggunakan piranti ini hanya untuk chat video.

4.            Barcode Scanner


                 Barcode scanner adalah alat yang berupa gagangan dan berisi laser berwarna merah untuk memindai barcode. Fungsinya adalah untuk memindai barcode. Barcode adalah kode garis-garis yang biasa terdapat di kemasan sebuah produk swalayan atau gudang perusahaan. Tujuannya adalah untuk mempermudah kasir menghitung total belanjaan dan mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.

5.            Joystick

                  Joystick adalah sebuah alat input komputer yang nampak seperti tuas yang dapat bergerak ke berbagai arah, joystick ini dapat mentransmisi arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini biasanya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan game lebih sempurna. 
           Joystick ini mempunyai banyak fungsi, diantaranya adalah sebagai pelengkap untuk memainkan sebuah game yang di lengkapi tombol lebih dari satu, dan dapat di implementasi pada kursi toda bermototr dan juga truk. 

6.            Scanner 

                    Scanner adalah alat elektronik yang fuungsinya hampir sama dengan mesin fotocopy yaitu untuk memasukkan data berupa image dan di proses melalui komputer. Namun ada perbedaan dari kedua hardware tersebut yaitu mesin fotocopy hasil langsing dapat di lihat pada media keras sedangkan scanner hasilnya di tampilkan pada layar monitor komputer kemudian di proses secara manual di dalam komputer. Data yang teah diambil dengan scanner bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII (American Standard Code for Informastion Interchange). 
                         Fungsi scanner yaitu perangkat yang bekerja dengan memindahkan sebuah data atau beberapa objek yang terdapat di atas lensa scanner ke dalam memori penyimpanan komputer. Jadi jika di atas lensa scanner terdapat sebuah kertas yang berisi teks ataupun gambar, maka data tersebut akan di pindahkan ke dalam komputer dengan secara keseluruhan.

7.            Mikrofon


                            Microphone adalah perangkat keras yang dapat mengubah suara analog menjadi suara digital. Fungsi mikrofon adalah untuk merekam suara. Alat ini biasa digunakan saat konferensi atau saat melakukan video call.
                           Fungsi mikrofon adalah sebagai alat atau komponen audio yang digunakan untuk merekam sinyal aduio, baik vokal, akustik, instrumen, atau apa pun yang menjadi sumber suara. Komponen dasar dari semua sensor yang mendeteksi getaran dari molekul – molekul udara dan mengubahgetaran tersebut menjadi energi listrik. 
 

8.            Pemindai Sidik Jari



                           Pemindai sidik jari (fingerprint scanner) adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk menangkap gambar digital dari pola sidik jari. Gambar tersebut disebut peminda hidup. Peminda hidup adalah pemrosesan digital untuk membuat sebuah template biometrik yang di simpan dan digunakan untuk pencocokann. Ini merupakan ikhtisar dari beberapa sidik jari yang lebih umum digunakan sensor teknologi.

 

 

 

9.            Kinect

                          Kinect adalah aksesoris yang berfungsi sebagai controller-free gaming dan menambah pengalaman hiburan. Kinect dilengkapi dengan sensor dan mikrofon jadi ketika kita menggunakan kinect kita tidak butuh lagi controller yang lain dan tubuh kitalah yang menjadi controller game tersebut. Ketika dalam game ingin melompat, kita tinggal melompat. Ketika ingin menedang kita tinggal menendang. Selain itu dengan sensor suara kita bisamelalukan berbagai hal seperti pause/start dan akan sangat berguna pada game – game tertentu.

 


 

 

No comments:

Post a Comment